Iklan
jump to navigation

Head Silinder Old CBR 150 R Bunyi, Mungkin Ini Salah 1 Penyebabnya (Dan Cara Mengatasinya) 15 April 2015

Posted by Traktor DOHC in Honda.
Tags: , , ,
trackback

wpid-20150317_194922-picsay.jpg

TraktorDohc.com – Assalaamu’alaikum…

Selamat malam massbro, bagaimana kabar-nya sekalian..??? Honda CBR 150 R (old), memang sebuah motor yang melegenda (bagi saya pribadi 🙂 ). Motor yang masuk via importir umum dikala itu dengan harga lumayan mahal saat itu. Kenapa AHM gak masukin saat itu.? yoo mboh teko’ en dewek.. wwkwkwkwkwkwk..

Yuups, untuk motor ini diwaktu sekarang termasuk sudah berumur, seperti motor salah seorang mekanik roda empat yang membawa-nya ke WD MotoSport Garage yang berlokasi di jalan sutijab, Wates, kulon Progo, DIY. Ialah calon bengkel roda dua milik juragan saya, mas Aziz warungdohc.com (masih berupa garasi, mungkin 5 bulan lagi buka, monggo yang mau mampir).

on pregress

on pregress

Pemilik motor tersebut asal magelang (lupa namanya hehehe 🙂 ). Dia bercerita bahwa tunggangannya sudah mulai tak enak dibetot kencang. Dan pemiliknya pamit pulang dengan membawa motor pengganti (Suzuki spin).

Bongkaaar, nama-nya juga motor sudah berumur pasti banyak problem. setelah dibongkar head silindernya, masalah 1 terlihat, saat klep in sebelah kanan akan dilepas, dan tak bisa dilepas. Sementara klep in sebelah kiri bisa dilepas, tapi susah juga. Klep in kanan dan kiri bengkok, namun hanya klep in kiri yang bisa dilepas. dan dudukan klep kanan rusak, mau tak mau harus dibawa ke tukang bubut. Dan shim tablet klep in sudah tergerus.. 😦

wpid-20150311_230751-picsay.jpg

Kenapa ke tukang bubut..?

untuk membuat dudukan klep baru, kan part CBR susah di cari, bagaimana solusinya??

Sediakan klep suzuki Thunder 125, seal klep suzuki smash. Lhoo koq dari suzuki, kan berbeda dan gak bisa PnP..?? kalo di WD motosport yang memang spesialis CBR series tak kehabisan jalan keluar, custom-pun jadi jalan keluar.

wpid-20150316_091820-picsay.jpg

wpid-20150310_202634-picsay.jpg

Caranyaa..???

Begini, diameter klep in Thunder 25,5 mm dan batangnya 5mm, sedangkan CBR berdiameter 24mm dan batangnya 3,5mm.. dicustom seperti klep in cbr 150, sedangkan batangnya masih sama, hanya di custem bagian atas untuk membuat dudukan pengunci antara per klep dan batang klep. seperti gambar dibawah ini..

kiri klep thunder custom, kanan klep cbr

kiri klep thunder custom, kanan klep cbr

Dan pasang setelah dipasang dan berhasil muncul masalah 1 lagi, bunyi berasal dari head silinder, apa lagi ini. setelah dicek, shim tablet klep in lah penyebab-nya, cara mengatasinya juga dengan custom, yaitu dengan di ganjal dengan silet (di custom dengan gerinda) yang dibuat sama dengan ukuran shim tablet sebanyak 3 lapis dan diletakan dibawah shim tablet.

head silinder old cbr 150

head silinder old cbr 150

Kenapa dengan silet..??

Karna silet itu bahan materialnya kuat. Dan setelah selesai custom pengganjal (yang terbuat dari silet), head silinder-pun dipasang..

Hasilnya..?? Alhamdulillah berhasil, suara tersebut sudah hilang (sembuh). Test jalan dan sukses. Owner-pun berpamitan pulang. 🙂

Bagi pengguna CBR series yang berdomisili tak jauh dari wates dan punya keluhan, datang aja, tapi harus membuat janji terlebih dahulu. 🙂

(bisa kontak via Whatsapp dan BBM)

Sekian, semoga berguna.. 🙂

wassalaamu’alaikum..

Iklan

Komentar»

1. danisubject - 15 April 2015

Joss 😀 . Selalu ada cara lain …

Suka

Yusuf Pamungkaz - 15 April 2015

Naah.. low bejet..tapi bongkar-nya lumayan..terbukti butuh dohc memang khusus.. 🙂

Suka

2. gilaroda2 - 15 April 2015

Josss suka bingits dgn custom a.k.a keranjingan tangan kreatip… 🙂

Suka

gilaroda2 - 15 April 2015

Oiya itu siletnya yg stainless ato merk gillete ato yg baja merk tatra?

Suka

Yusuf Pamungkaz - 15 April 2015

Yang baja om.. bukan silet biasa…

Suka

gilaroda2 - 15 April 2015

ooo berarti yang merk tatra warna item ya? klo yg merk gillete kan warna chrome stainless steel?…

Suka

Yusuf Pamungkaz - 15 April 2015

Silver om..disinyalir dari baja om..

Suka

gilaroda2 - 15 April 2015

ooo berarti yg merk gillete itu ya….ok sip2…suwun infone… 🙂

Suka

Yusuf Pamungkaz - 15 April 2015

Sami2 om..

Suka

Yusuf Pamungkaz - 15 April 2015

Hehehe.. dari pada mahal.. mending custom nan awet.. 🙂

Disukai oleh 1 orang

gilaroda2 - 15 April 2015

jrozzzzz! 😀

Suka

Yusuf Pamungkaz - 15 April 2015

Siip.. (y)

Suka

3. Mase - 16 April 2015

josss lek aziz

Suka

Yusuf Pamungkaz - 16 April 2015

Ancen joozz kiye komendan e nyong ..

Suka

4. k5538gl - 16 April 2015

lho bukannya sperpat honda katanya gampang dicari? kok malah pake sperpat sujuki yang katanya mahal dan susah dicari?
haemboh lah, waktu saya nyari per klep honda grand juga malah dikasih per klep sujuki smash

Suka

Yusuf Pamungkaz - 16 April 2015

Cbr ancen susah om..

Suka

Guest - 8 Februari 2016

Ganjal shim nya di bawah apa di atas shim om ?

Suka

5. ndesoedisi - 16 April 2015
6. extraordinaryperson - 31 Mei 2015

ijin nyimak buat dari cb user

https://extraordinaryperson.wordpress.com/

Suka

Yusuf Pamungkaz - 3 Juli 2015

monggo

Suka

7. Ediaaann… New CB150R Lebih Kencang Dari Motor 250cc Satu dan Dua Silinder…!!! | TraktorDOHC.com - 15 Oktober 2015

[…] Honda CB150R dengan mesin DOHC 150cc 4 tak dengan sistem pengabut bahan bakar injection ini mampu mengalahkan motor 250cc seperti […]

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: