Iklan
jump to navigation

Diatur Oleh Undang-Undang,Pakai Kamera Drone Sekarang Sudah Tidak Bisa Sembarangan! 28 Agustus 2015

Posted by IndoRide.com in Sensasi.
trackback

TraktorDOHC.com – Assalamualaikum brosist..

Drone

Drone

Kamera drone,atau kamera yang bisa diterbangkan dengan bantuan remote control dan baling-baling layaknya helicopter ini memang sedang ngehits banget akhir-akhir ini. Selain digunakan untuk kebutuhan syuting film dan kebutuhan lainnya yang tidak memungkinkan mengambil gambar dari daratan,drone juga dijadikan sebagai hobby bagi sebagian orang. Ya,drone tak lagi hanya digunakan sebagai alat untuk membantu media mengambil gambar dari atas saja,sekarang drone juga bisa digunakan untuk keperluan pribadi seperti menyalurkan hobi,berfoto ramai-ramai dari atas,tentu hasilnya akan jauh lebih bagus dan keren nih.

Harga dari kamera drone ini juga ga main-main brosist! Harganya bisa seharga motor matic baru tuh! Makanya,koleksi ini bisa dibilang sebagai koleksi yang cukup mahal. Karena bisa jadi hobby yang mengasyikkan sekaligus cukup menguras dompet bagi para pecintanya. Harga dari kamera drone ini pun bermacam-macam,dari harga 10 jutaan hingga ratusan juta,tergantung kualitas dan kegunaannya tersendiri.

Penghobby Drone sedang menerbangkan kamera Dronenya

Penghobby Drone sedang menerbangkan kamera Dronenya

Tapi,para penghobby atau pengguna drone di Indonesia nampaknya kudu mulai cari strategi nih supaya ga kena sanksi dari pemerintah. Pasalnya,penggunaan kamera Drone saat ini sudah dibatasi akibat undang-undang yang dikeluarkan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 90 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak, yang disahkan pada 12 Mei 2015.

Dilansir oleh tekno.liputan6.com,inilah isi dari undang-undang yang nampaknya membuat penghobby drone jadi cukup ketar ketir!

4.1 Sistem pesawat udara tanpa awak dengan kamera dilarang beroperasi 500 meter dari batas terluar dari suatu kawasan udara terlarang (prohibited area) atau kawasan udara terbatas (restricted area).

4.2 Dalam hal sistem pesawat udara tanpa awak digunakan untuk kepentingan pemotretan, pemfilman dan pemetaan, harus melampirkan surat izin dari institusi yang berwenang dan Pemerintah Daerah yang wilayahnya akan diprotret, difilmkan atau dipetakan.

4.3 Sistem pesawat udara tanpa awak dengan peralatan pertanian (penyemprot hama dan/atau penabur benih) hanya diperbolehkan beroperasi pada areal pertanian/perkebunan yang dijelaskan dalam pengajuan rencana terbang (flight plan).

4.4 Kegiatan penyemprotan hama dan/atau penaburan benih dengan menggunakan teknologi sistem pesawat udara tanpa awak diizinkan apabila dalam radius 500 meter dari batas terluar areal pertanian/perkebunan dimaksud tidak ada pemukinan penduduk.

4.5 Sistem pesawat udara tanpa awak untuk kebutuhan dan misi pemerintah, penggunaan sistem pesawat udara tanpa awak untuk kepentingan pemerintah seperti patroli batas wilayah negara, patroli wilayah laut negara, pengamatan cuaca, pengamatan aktivitas hewan dan tumbuhan di taman nasional, survei dan pemetaan yang bersifat rutin dan terjadwal dengan lingkup penerbangan tertentu (area tertentu), menggunakan individual flight plan.

Adapun rencana terbang (flight plan) untuk drone setidaknya harus memuat informasi sebagai berikut:

– identifikasi pesawat
– kaidah penerbangan (instrument atau visual) dan jenis penerbangan (uji performa, patroli, survei & pemetaan, fotografi, pertanian, ekspedisi, dll)
– peralatan yang dibawa (kamera, sprayer, crank, dll)
– bandara/titik lepas landas
– estimated operation time
– cruising speed
– cruising level
– rute penerbangan
– bandar udara/titik pendaratan dan total estimated elapsed time
– bandar udara/titik alternatif
– ketahanan baterai/bahan bakar

Nah,jadi udah jelas nih maksud dari pak Menteri Perhubungan berkenaan dengan pembatasan kamera Drone ini. Poin yang paling penting adalah,bahwa kamera drone ini dapat mengganggu kegiatan penerbangan terutama pesawat komersil. Karena ketika berpapasan,bisa saja kamera drone ini akan menyambar mesin pesawat tersebut dan terjadi crash. Apakah berlebihan? Bagaimana menurut brosist sekalian,para pecinta kamera Drone ini? Apa setuju dengan undang-undang yang satu ini?

Yang jelas,kamera drone saat ini cukup banyak manfaatnya. Terutama dalam memberikan gambar yang sangat baik dari atas langit. Ini dia contoh gambar yang diambil oleh kamera drone,gambar ini saya sadur dari Google Images.

drone 2 drone7 drone6 drone5 drone4 drone3

Bagaimana brosist? Tertantang untuk memiliki kamera drone sendiri,dengan hasil foto yang maksimal seperti diatas? Silahkan sisihkan uang sesuai dengan budgetnya dan jangan lupa ikuti undang-undang yang berlaku tentang kamera Drone ini ya brosist :D.

Thanks for reading and sharing,see you on the next article. Semoga berguna.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Iklan

Komentar»

1. warungasep - 28 Agustus 2015

undang-undang untuk batasan budget membuat website ada gk ya??

Waloupun baru segelintir orang yang memilikinya, Honda Sonic 150R sudah diacak-acak buat dimodifikasi :
http://warungasep.net/2015/08/28/galeri-modifikasi-honda-sonic-150r/

Suka

Alki Rahmatullah - 28 Agustus 2015

Ada,200 juta rupiah dan mudah di hack itu syaratnya :p

Suka

2. Alki Rahmatullah - 28 Agustus 2015
3. macantua.com - 28 Agustus 2015

Nah loh
Waspada : Paku “handmade” Ban Gembos Dalam 1 Menit…. – http://wp.me/p2XD22-2E0

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: