Pengalaman Pertama Menangani Motor Multi Silinder (Honda CBR 1000 RR Tahun 2006) dan Sesi Test Ride..!! 3 Juli 2015
Posted by Traktor DOHC in Honda.Tags: CBR 600 F2, CBR150R, Enginer, Honda CBR, My Activity now
trackback
Selamat sore sob, lama tak bersua didunia blogging lagi :v. Yaaah, setelah absen selama 3 bulan lebih.. Tapi tak apa, toh hanya mati suri (blog-nya). Kenapa koq baru muncul nulis lagi.?? Kangen sama temen-temen blogger semua papan lah, (dari papan atas sampe papan jemuran wakakakakakaka 😀 . My first post..!! doain aja semoga mood dan waktu nulis selalu ada. 🙂
Yaaaa, cerita kita mulai, ketika ada seorang owner mogeh sambat ke juragan WD (wadul, curhat) bahwa sang kuda besi sudah mulai mengeluarkan bunyi dari head silinder, dan kami berasumsi bahwa itu bunyi setelan klep / katup yang sudah mulai longgar mengingat umur motor tersebut hampir 9 tahun dan sudah berjalan lebih dari 90.000 Km (yaaa, karna sang owner memakainya untuk harian).
Proses pembongkaran sendiri memakan waktu lumayan lama, sekitar 1 jam 30 menit paling cepat dan tanpa kendala apapun. dari mulai fairing samping, jok depan, kondom tangki beserta tangkinya, box filter, melepas soket 4 injektor (karna superbike ini memakai 8 injektor), radiator, dan yang lumayan sulit ialah membuka kap head silinder karna sudut yang sempit oleh rangka twinspar alumunium yang kokoh.. 🙂 :D, yaa memang begitu lah, ganti shiim tablet harus bongkar semuanya,. Tapi gak papa, semua itu buat pengalaman.. 🙂
Sedikit demi sedikit dan pelan, akhirnya bisa terlepas juga, dan ambil alat untuk mengukur kelonggaran celah antara kap shim tablet dan noken as, ditemukanlah klep in no. 5 dan 8 yang sudah longgar (normal 0.10 mm untuk in dan 0,15mm untuk ex). Untuk klep ex ada 1 yang longgar, yaitu klep ke 5 (posisi dari gear camshaft), ya salah satunya ditopkan terlebih dahuli satu per satu pistonnya, dari 1 sampai ke 4, tak lupa, tensionerpun dilepas dan lagi-lagi menemukan kesulitan saat melepasnya karna sudut yang sempit,. :(, tapi tetap bisa koq.. 🙂
lantas, dengan shim motor apa yang bisa dipakai buat subtitusi..?? Ninja 250.?? ketebelen gaes?? yaa gak bisa lan, lhaa wong Ninja 250 paling kecil shim-nya berukuran 250, bisa apa ngga gan..?? yooo iso wae kalo dibawa ke WD MotoSport Garage 😀 (Monggo area Jogja sekitar kalo mau servis, dateng ajah :D).
Cara Customnya gimana..?? pakai gerinda, tapi harus sedikit demi sedikit, dan butuh ketelitian yang jeli.. yaa karena gak pakai ukuran mungkin bisa berpengaruh sama power, takut klep-nya jebol lah, patah lah, ini lah dan itu lah..Dan setelah jadi diukur dengan ukuran yang dibutuhkan agar setelan normal kembali (0, 10mm). Alhamdulillah menemukan setelan yang pas..!!
waktu custom shim sebenernya gak terlalu lama, asal teliti aja sih, dan waktu pemasangan kembalipun memakan waktu yang sama, hanya untuk mecoba dinyalakan sampai harus terpasang seperti semula (kecuali kondom tangki, jok dan fairing).. Dan,…….. dengan basmalah, kunci on dan tekan tombol starter, cengesss nges ngess mbrruuummmmm mbruummm…mbrruuuuummm..mbruuummmmm…., khas 4 silinder yang keluar dari moncong knalpot undertail yang terbuat dari stanless.. Terdengar suara mesin yang sudah hilang bunyi klotok-klotok-nya.. ngoahahahaha 😀 😀 😀
yaah, badan sudah mulai lelah, istirahat dan diputuskan untuk test ride di malam hari..
Setelah badan kembali segar, dan dirasa pas waktu untuk test ride si Fireblade, kunci on dan nyalakan mesin.. (Dalam hati berkata, kapan yaa punya motor bersilinder multi kayak gini, semoga bisa.. Aamiin), mesin terasa sudah mulai hangat, dan siap untuk digeber. Sama sekali tak menyangka motor berpower lebih dari 130 hp sudah didepan mata dan siap digeber.. :D, mesin langsam di 1000 rpm..
Tarik tuas kopling, koq rada berat, tanya kenapa..?? yuuupzz, superbike Honda yang satu ini sudah menganut kopling hidrolik, jadi ya rada berat (gak kebayang pake motor ini saat bermacet-macet ria.. Pasti genes tangan kirinya.. :v ). Masukan gear 1, gas tarik pelan-pelan aja, tenaga terasa mengisi ditiap putaran rpm, cukup pake gear 1 aja buat pelan-pelan.. hahahaha :D, setelah jalan beberapa ratus meter, nemu juga trek yang lumayan panjang (sekitar 300 meter-an dibelakang Terminal Wates). gear 1 tembus 80 kpj dalam waktu sekitar 2 detik sob..!! ediaaan, mungkin sensasi jambakan superkips tak ada apa-apanya (Jangan dibandingkan yaa powernya, ini cuma sensasi tarikan saja). masuk gear 2 buat menurunkan raungan si Fireblade.. sayang, trek lurus kurang panjang, jadi gak bisa mengeksplor lebih jsuh lsgi.. :(, tapi yak apa, gear 1 aja udah bikin berdebar karna tarikannya.. Setelah itu jalan pelan lagi, dan mesin terasa panas (yaa iya laah, knalpot undertail dan jalur pipanya sebelah kaki kanan, anget gan, anget-nya kelewat..!! ha ha ha ha
no koment yaa, karna buat sesi test doank, gak ngebut koq..cuma main gear 1 doank.. :p. Dan beres..!!, pasang kondom tangki, jok dan body belakang..
yuuppss, hanya sebuah pengalaman saja, untuk info yang disebutkan berarti bersifat rahasia.. 🙂 😀
berikut galery foto-fotonya..
And now, i close my story for today, semoga berguna sob..
Met buka puasa ya gan..
Wassalaamu’alaykum wr wb..
Bonus
ojo di delo’i wae yo gan bonusi, mlayuu ah, ndak dikemplang bos e.. xixixixixixixixixixi
Wih,hebat uy udh menangani motor kuartet silinder
http://alkirahmatullah.com/2015/07/03/confirmed-honda-k56-dinamai-sonic-150rnama-sonic-memang-menjual/
SukaSuka
Bismillah ki..moga bisa beli
SukaSuka
Amin,ane nunut tesride ajah 😀
http://alkirahmatullah.com/2015/07/03/confirmed-honda-k56-dinamai-sonic-150rnama-sonic-memang-menjual/
SukaSuka
hebat…moge naiknya tengkurep buat harian
SukaSuka
Horang kayah gan.. :v
SukaSuka
bukan yang merah po :p yang pertama 😀
SukaSuka
Merah? Bandit po?
SukaSuka
he eh …. mosok ratau dibongkar …
SukaSuka
Nek bandit e drung pernah mas..hehe
SukaSuka
perawan 😀
SukaSuka
Nek aku drung, nek juraganku yo wes yoan.. :v
SukaSuka
aku numpak euhh ngangeni 😀 haha
SukaSuka
Naah..yo tuku wae lek
SukaSuka
ngeri… aku njajal 250cc wae deg deg ser je wkwk
SukaSuka
Weeh..ngejek ki.. Aku tembe er selawe tok je… 😦
SukaSuka
podo mas.. aku yo lagi erselawe pas test ride karo ki salim kae
SukaSuka
Ah, koyo pigsen lha erselawe kuwi kang
SukaSuka
nak sek bonuse, kerenggangan klepnya ukuran berapa ? hehe
SukaSuka
Kerenggangan e iki sampe 0,20mm om.. 🙂
SukaSuka
Nek arep njajal kok mung gigi siji, tp aku dadi pingin ki
SukaSuka
kok tes riderx pake kaos jamnas hsfci y gan?
SukaSuka
utk cb 150 terima servis tune up gan?mau ngilangin limiter gan,biar gak kecekek mesine
SukaSuka