jump to navigation

Pengalaman Pertama Menangani Motor Multi Silinder (Honda CBR 1000 RR Tahun 2006) dan Sesi Test Ride..!! 3 Juli 2015

Posted by Traktor DOHC in Honda.
Tags: , , , ,
trackback
Fireblade

Fireblade

Selamat sore sob, lama tak bersua didunia blogging lagi :v. Yaaah, setelah absen selama 3 bulan lebih.. Tapi tak apa, toh hanya mati suri (blog-nya). Kenapa koq baru muncul nulis lagi.?? Kangen sama temen-temen blogger semua papan lah, (dari papan atas sampe papan jemuran wakakakakakaka 😀 . My first post..!! doain aja semoga mood dan waktu nulis selalu ada. 🙂

test ride R25, slengekan sik gan :D

test ride R25, slengekan sik gan 😀

Yaaaa, cerita kita mulai, ketika ada seorang owner mogeh sambat ke juragan WD (wadul, curhat) bahwa sang kuda besi sudah mulai mengeluarkan bunyi dari head silinder, dan kami berasumsi bahwa itu bunyi setelan klep / katup yang sudah mulai longgar mengingat umur motor tersebut hampir 9 tahun dan sudah berjalan lebih dari 90.000 Km (yaaa, karna sang owner memakainya untuk harian).

CYMERA_20150702_212843

Proses pembongkaran sendiri memakan waktu lumayan lama, sekitar 1 jam 30 menit paling cepat dan tanpa kendala apapun. dari mulai fairing samping, jok depan, kondom tangki beserta tangkinya, box filter, melepas soket 4 injektor (karna superbike ini memakai 8 injektor), radiator, dan yang lumayan sulit ialah membuka kap head silinder karna sudut yang sempit oleh rangka twinspar alumunium yang kokoh.. 🙂 :D, yaa memang begitu lah, ganti shiim tablet harus bongkar semuanya,. Tapi gak papa, semua itu buat pengalaman.. 🙂

CYMERA_20150702_213007

Sedikit demi sedikit dan pelan, akhirnya bisa terlepas juga, dan ambil alat untuk mengukur kelonggaran celah antara kap shim tablet dan noken as, ditemukanlah klep in no. 5 dan 8 yang sudah longgar (normal 0.10 mm untuk in dan 0,15mm untuk ex). Untuk klep ex ada 1 yang longgar, yaitu klep ke 5 (posisi dari gear camshaft), ya salah satunya ditopkan terlebih dahuli satu per satu pistonnya, dari 1 sampai ke 4, tak lupa, tensionerpun dilepas dan lagi-lagi menemukan kesulitan saat melepasnya karna sudut yang sempit,. :(, tapi tetap bisa koq.. 🙂

CYMERA_20150702_224601

lantas, dengan shim motor apa yang bisa dipakai buat subtitusi..?? Ninja 250.?? ketebelen gaes?? yaa gak bisa lan, lhaa wong Ninja 250 paling kecil shim-nya berukuran 250, bisa apa ngga gan..?? yooo iso wae kalo dibawa ke WD MotoSport Garage 😀 (Monggo area Jogja sekitar kalo mau servis, dateng ajah :D).

eyang sama cucu lagi sakit, tapi sekarang udah sembuh semua.. :D

eyang sama cucu lagi sakit, tapi sekarang udah sembuh semua.. 😀

Cara Customnya gimana..?? pakai gerinda, tapi harus sedikit demi sedikit, dan butuh ketelitian yang jeli.. yaa karena gak pakai ukuran mungkin bisa berpengaruh sama power, takut klep-nya jebol lah, patah lah, ini lah dan itu lah..Dan setelah jadi diukur dengan ukuran yang dibutuhkan agar setelan normal kembali (0, 10mm). Alhamdulillah menemukan setelan yang pas..!!

CYMERA_20150702_212610

waktu custom shim sebenernya gak terlalu lama, asal teliti aja sih, dan waktu pemasangan kembalipun memakan waktu yang sama, hanya untuk mecoba dinyalakan sampai harus terpasang seperti semula (kecuali kondom tangki, jok dan fairing).. Dan,…….. dengan basmalah, kunci on dan tekan tombol starter, cengesss nges ngess mbrruuummmmm mbruummm…mbrruuuuummm..mbruuummmmm…., khas  4 silinder yang keluar dari moncong knalpot undertail yang terbuat dari stanless.. Terdengar suara mesin yang sudah hilang bunyi klotok-klotok-nya.. ngoahahahaha 😀 😀 😀

CYMERA_20150702_214501

yaah, badan sudah mulai lelah, istirahat dan diputuskan untuk test ride di malam hari..

Setelah badan kembali segar, dan dirasa pas waktu untuk test ride si Fireblade, kunci on dan nyalakan mesin.. (Dalam hati berkata, kapan yaa punya motor bersilinder multi kayak gini, semoga bisa.. Aamiin), mesin terasa sudah mulai hangat, dan siap untuk digeber. Sama sekali tak menyangka motor berpower lebih dari 130 hp sudah didepan mata dan siap digeber.. :D, mesin langsam di 1000 rpm..

Fireblade dari depan

Fireblade dari depan

Tarik tuas kopling, koq rada berat, tanya kenapa..?? yuuupzz, superbike Honda yang satu ini sudah menganut kopling hidrolik, jadi ya rada berat (gak kebayang  pake motor ini saat bermacet-macet ria.. Pasti genes tangan kirinya.. :v ). Masukan gear 1, gas tarik pelan-pelan aja, tenaga terasa mengisi ditiap putaran rpm, cukup pake gear 1 aja buat pelan-pelan.. hahahaha :D, setelah jalan beberapa ratus meter, nemu juga trek yang lumayan panjang (sekitar 300 meter-an dibelakang Terminal Wates). gear 1 tembus 80 kpj dalam waktu sekitar 2 detik sob..!! ediaaan, mungkin sensasi jambakan superkips tak ada apa-apanya (Jangan dibandingkan yaa powernya, ini cuma sensasi tarikan saja). masuk gear 2 buat menurunkan raungan si Fireblade.. sayang, trek lurus kurang panjang, jadi gak bisa mengeksplor lebih jsuh lsgi.. :(, tapi yak apa, gear 1 aja udah bikin berdebar karna tarikannya.. Setelah itu jalan pelan lagi, dan mesin terasa panas (yaa iya laah, knalpot undertail dan jalur pipanya sebelah kaki kanan, anget gan, anget-nya kelewat..!! ha ha ha ha

CYMERA_20150702_212757

test ride gan

test ride gan

no koment yaa, karna buat sesi test doank, gak ngebut koq..cuma main gear 1 doank.. :p. Dan beres..!!, pasang kondom tangki, jok dan body belakang..

CBR 1000 RR lansiran 2007

CBR 1000 RR lansiran 2006

yuuppss, hanya sebuah pengalaman saja, untuk info yang disebutkan berarti bersifat rahasia.. 🙂 😀

berikut galery foto-fotonya..

CYMERA_20150702_224601

test ride gan

test ride gan

CYMERA_20150702_214501 CYMERA_20150702_213107 CYMERA_20150702_213007

eyang sama cucu lagi sakit, tapi sekarang udah sembuh semua.. :D

eyang sama cucu lagi sakit, tapi sekarang udah sembuh semua.. 😀

CYMERA_20150702_212843

Fireblade

Fireblade

CYMERA_20150607_225722

CBR 1000 RR lansiran 2007

CBR 1000 RR lansiran 2007

Fireblade dari depan

Fireblade dari depan

CYMERA_20150702_212318 CYMERA_20150702_212610 CYMERA_20150702_212757

And now, i close my story for today, semoga berguna sob..

Met buka puasa ya gan..

Wassalaamu’alaykum wr wb..

Bonus

wpid-img_73623299472934.jpeg

ojo di delo’i wae yo gan bonusi, mlayuu ah, ndak dikemplang bos e.. xixixixixixixixixixi

Komentar»

1. Alki Rahmatullah - 3 Juli 2015
Yusuf Pamungkaz - 3 Juli 2015

Bismillah ki..moga bisa beli

Suka

Alki Rahmatullah - 3 Juli 2015
2. wtf170 - 4 Juli 2015

hebat…moge naiknya tengkurep buat harian

Suka

Yusuf Pamungkaz - 4 Juli 2015

Horang kayah gan.. :v

Suka

3. danisubject - 4 Juli 2015

bukan yang merah po :p yang pertama 😀

Suka

Yusuf Pamungkaz - 4 Juli 2015

Merah? Bandit po?

Suka

danisubject - 4 Juli 2015

he eh …. mosok ratau dibongkar …

Suka

Yusuf Pamungkaz - 4 Juli 2015

Nek bandit e drung pernah mas..hehe

Suka

danisubject - 4 Juli 2015

perawan 😀

Suka

Yusuf Pamungkaz - 4 Juli 2015

Nek aku drung, nek juraganku yo wes yoan.. :v

Suka

danisubject - 4 Juli 2015

aku numpak euhh ngangeni 😀 haha

Suka

Yusuf Pamungkaz - 6 Juli 2015

Naah..yo tuku wae lek

Suka

4. GandemLover - 4 Juli 2015

ngeri… aku njajal 250cc wae deg deg ser je wkwk

Suka

Yusuf Pamungkaz - 4 Juli 2015

Weeh..ngejek ki.. Aku tembe er selawe tok je… 😦

Suka

GandemLover - 4 Juli 2015

podo mas.. aku yo lagi erselawe pas test ride karo ki salim kae

Suka

Yusuf Pamungkaz - 4 Juli 2015

Ah, koyo pigsen lha erselawe kuwi kang

Suka

5. awansanblog - 9 Juli 2015

nak sek bonuse, kerenggangan klepnya ukuran berapa ? hehe

Suka

Yusuf Pamungkaz - 10 Juli 2015

Kerenggangan e iki sampe 0,20mm om.. 🙂

Suka

6. PesticideRider Purworejo - 18 Agustus 2015

Nek arep njajal kok mung gigi siji, tp aku dadi pingin ki

Suka

7. rizky hsfci lmj - 16 September 2015

kok tes riderx pake kaos jamnas hsfci y gan?

Suka

8. rizky hsfci lmj - 16 September 2015

utk cb 150 terima servis tune up gan?mau ngilangin limiter gan,biar gak kecekek mesine

Suka


Tinggalkan Balasan ke GandemLover Batalkan balasan