Iklan
jump to navigation

And Now……………….. Turbocharged Vs Supercharged..!! 23 November 2014

Posted by Traktor DOHC in Kawasaki, Sensasi.
Tags: , , ,
trackback

TC3 H2R11

TC’s Blog, hari ini mendung, semoga tek semendung suasana hati kalian.. ngoahahaha :D. yaaah..weekend koq mendung, yang mau jalan-jalan batal donk (kalo nekat yaa tetep jalan-jalan). xixixixixi :p

rasanya belum afdol (jereee..) kalo belum dikomparasikan (heelleeehhh :D). yuupps, seperti kita tahu, turbocharged cocok untuk mesin diesel dan supercharged cocok dimesin bensin.

TC

mekanisme turbocharged :

Kompresor sentrifugal yang mendapat daya dari turbin yang sember tenaganya dari asap gas buang mesin. Digunakan untuk meningkatkan output power dan efisiensi mesin dengan cara menambah asupan udara yang masuk ke dalam mesin.

TC1

Kita lihat penggunaanya pada mesin bensin dan diesel. Jika diaplikasikan pada mesin bensin akan terjadi sebuah kerugian, yaitu rasio kompresi harus direndahkan yang menurunkan efisiensi mesin bekerja pada tenaga rendah (agar tak melewati tekanan kompresi maksimum dan mencegah knocking pada mesin). hal seperti ini (kerugian) tak ditemukan pada mesin diesel yang dirancang secara khusus. Akan tetapi, ketika dioperasikan pada ketinggian, power yang dihasilkan oleh sebuah Turbocharged berbeda sangat jauh power yang dihasilkan oleh kedua jenis mesin tersebut dan faktor ketinggianlah yang membuat Turbocharged sangat menguntungkan bagi mesin pesawat.

Supercharged..???

H2R3

Mekanisme Supercharged :

Memompa udara ke silinder mesin pembakaran dalam dan Supercharged itu memanfaatkan tenaga putaran mesin itu sendiri. Massa oksigen yang dipaksa masuk ke silinder dan membuat membakar lebih banyak bahan bakar serta meningkatkan efisiensi volumetrik mesin dan membuat mesin menghasilkan power yang lebih besar. Sebuah Supercharged yang ditenagai secara mekanik oleh rantai penarik dari crankshaft sehingga menjadi lebih unggul putaran bawah karna perangkat ini sudah bekerja sejak putaran bawah..

Rpm-nya bisa diatur dengan menggunakan diameter pulley. Semakin kecil Driven Pulley Supercharged, maka rpm Supercharged semakin tinggi dan menghasilkan power semakin besar. Karna kitiran mesin pada umumnya bermain di kisaran 7.000rpm, maka tekanan yang dihasilkan tak sebesar Turbocharged. Supercharged menyerap sepertiga tenaga cranksahft mesin.

jadi, jika kita komparasikan, Turbocharged menawarkan penigkatan power mesin lumayan derastis dengan sedikit menambah berat. Secara umum mesin pesawat dan mesin diesel diuntungkan karnanya. Supercharged berfungsi menambah asupan udara ke mesin dari rpm bawah dan menambah power yang lebih besar juga. Hal ini terjadi pada Ninja H2R yang output powernya sampai 325HP (UK Version).

mesin bugati

mesin bugati

H2R3

kedua-nya punya keunggulan masing-masing karna memang dirancang sesuai dengan kebutuhan masing-masing (fungsional).

sekian.. 😀

2015-kawasaki-ninja-h2-09 H2R3 TC5 TC4

jika ada kekurangan, kasih tambahan yaa.. terimakasih.. 😀

sumber : wikipedia, Google

Iklan

Komentar»

1. ki Salim - 23 November 2014

misi kang numpang lewat…..

Suka

yusufblog23 - 23 November 2014

monggo monggo

Suka

2. bikerkampung86 - 23 November 2014
yusufblog23 - 23 November 2014

mboh lek, belum pernah nemuin.. 😀

Suka

bikerkampung86 - 23 November 2014

Yukzzz……cobain di cbsf 😀
Lelet sinyal nie 😦
Lagi 1artikel msh loading

Suka

yusufblog23 - 23 November 2014

ora ono duit e..wkwkkwkwkk

Suka

bikerkampung86 - 23 November 2014

Hehehehehehehehehe…… 😀

Suka

yusufblog23 - 23 November 2014

nulis maning aahh.. 😀

Disukai oleh 1 orang

bikerkampung86 - 23 November 2014

Joozzzz

Suka

3. brigade jalan raya - 23 November 2014

kalo tenaga superboy piye.ya 😆

anyway nice sharing gan. menambah wawasan. suka saya 🙂

Suka

yusufblog23 - 23 November 2014

Wkwkwk..,mboten ngerto nek niku.. 😀 (y)

Suka

4. asymetric - 24 November 2014

VW pake dua2 nya dalam 1 mesin (twincharger)

Suka

yusufblog23 - 24 November 2014

Waah..jozz mas..besok saya ulas..

Suka

5. rifz - 26 November 2014

keunggulan turbocharger, power lebih besar di rpm tinggi, lebih irit, tidak membebani mesin
kerugian turbocharger, adanya turbolag di rpm rendah, konstruksi pipa rumit plus penambahan intercooler

keunggulan supercharger, power instan tanpa lag sejak rpm bawah sampai atas, konstruksi sederhana, tanpa merubah pipa gas buang
kerugian supercharger, power mesin terbebani 30% untuk menggerakkan kompresor, dengan tekanan kompresor sama power turbocharger lebih tinggi efek nya mesin lebih boros

Suka

yusufblog23 - 26 November 2014

Makasih suhu buat tambahannya

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: