Iklan
jump to navigation

After Supercharged, And Now Turbocharged..!! 23 November 2014

Posted by Traktor DOHC in Sensasi.
Tags:
trackback

TC6

TC’s Blog, pagi semuanya.. selamat hari libur.. :D. Setelah tadi malam bahas Supercharged, sekarang kita bahas Turbocharged..

Apasih Turbocharged..???

Turbocharged adalah sebuah kompresor sentrifugal yang mendapat daya dari turbin yang sember tenaganya dari asap gas buang mesin. Digunakan untuk meningkatkan output power dan efisiensi mesin dengan cara menambah asupan udara yang masuk ke dalam mesin.

Alfred Buchi, ialah seorang insiyur asal swiss yang menemukannya. Patennya Turbocharged diaplikasikan pada tahun 1905. Pada tahun 1920, lokomotif dan kapal bermesin diesel mulai mengaplikasikannya.

TC3

Apa keunggulan bila memakai Turbocharged.?

Turbocharged menawarkan penigkatan power mesin lumayan derastis dengan sedikit menambah berat.

TC

Kita lihat penggunaanya pada mesin bensin dan diesel. Jika diaplikasikan pada mesin bensin akan terjadi sebuah kerugian, yaitu rasio kompresi harus direndahkan yang menurunkan efisiensi mesin bekerja pada tenaga rendah (agar tak melewati tekanan kompresi maksimum dan mencegah knocking pada mesin). hal seperti ini (kerugian) tak ditemukan pada mesin diesel yang dirancang secara khusus. Akan tetapi, ketika dioperasikan pada ketinggian, power yang dihasilkan oleh sebuah Turbocharged berbeda sangat jauh power yang dihasilkan oleh kedua jenis mesin tersebut dan faktor ketinggianlah yang membuat Turbocharged sangat menguntungkan bagi mesin pesawat.

TC1

Komponen ini memiliki 3 bagian penting yaitu roda turbin, roda kompressor dan rumah as. Roda turbin (yang besudu-sudu) lah yang berputar dengan memanfaatkan tekanan gas buang keluar mesin. Kemudian, dengan melalui as roda turbin ini berputar. Begitu juga dengan roda kompressor dengan sudu-sudunya, sehingga memompa udara untuk masuk ke dalam massa yang padat. komponen ini sering berputar melebihi 80.000rpm, maka sangat diperlukan pelumas terbaik agar tetap maksimal.

So, pesawat sangat diuntungkan dengan alat ini karna alat ini bekerja optimal saat berada pada ketinggian. pelumas terbaik sangat diperlukan karna mesin ber-turbocharged karna sering digunakan pada rpm yang sangat tinggi.

TC5 TC4

sekian pembahasan pagi ini..semoga menambah wawasan..

semoga bermanfaat..

bonus

mesin bugati

mesin bugati

Iklan

Komentar»

1. komatkamit89 - 23 November 2014
yusufblog23 - 23 November 2014

Ngrumpii.. wkwkwkwk

Suka

komatkamit89 - 23 November 2014

Ngupil juga 😀

Suka

yusufblog23 - 23 November 2014

Wkwkwkwkwk…

Suka

2. Kobayogas - 23 November 2014

sumberna atuh sebutin, apa ngulik sendiri? Hayooo? 😀

Suka

yusufblog23 - 23 November 2014

Eeehh…khilaaap..jeng ngantuk nulisna.. 😦

Suka

3. GandemLover - 23 November 2014

intine nambahi banter wkkwk masih belum ngeh bedanya 😀 http://goo.gl/4z9Zoa

Disukai oleh 1 orang

4. arlong - 23 November 2014

di youtube ada tuh modifikasi Yamaha R1 edisi ’04 – ’06 yang dipasangi turbocharged, peletakannya tepat dibawah exhaust di depan mesin, lalu knalpotnya pake model bambu runcing langsung ngembul dari samping bawah. keren bro suaranya waktu di geber, dziiingg….dziiinnggg….swirrrr…..swiiirrrr kayak ada suara ngeriknya. waktu dinaikkan di Dyno dg low boost aja, power tembus 225 HP!!!! tapi itu on rear tire lho, bukan on crank^^

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: