Iklan
jump to navigation

Dual Clutch Transmission, Ber-efek apa pada mesin motor.??? 11 November 2014

Posted by Traktor DOHC in Sensasi.
trackback

selamat malam bro sist semuanya..

bahas artikel ringan dulu bro..tentang Dual Clutch Transmission..apa itu..???

simak aja yukk penjelasannya…

DCT3

yuupppss..Dual Clutch Transmission sudah tak asing didunia permesinan. hmmm, artinya apa..??? DCT yaitu ada dua kopling (clutch) dalam satu gearbox. koq bisa..??? masing-masing clutch memiliki tugas berbeda…

kita lihat fungsionalnya seperti gambar dibawah ini..

DCT6

kita lihat gambar diatas, pertama yaitu kopling gear (gigi) ganjil yaitu kopling yang mengemban tugas mengawal gear 1, 3, dan 5. Dan yang kedua yaitu kopling gear genap yang mengawal gear 2, 4 dan 6..

so, ketika sedang berada di posisi gear 1, maka kopling pertama menyalurkan daya dari mesin ke roda lewat gear 1. Dan disaat yang bersamaan, gear 2 sudah terkoneksi dan ikut berputar untuk bersiap guna menjadi penghantar tenaga selanjutnya. Akan tetapi, belum terkoneksi ke countershaft (gear yang menghubungkan gearbox ke final gear). ketika kita memutuskan untuk shifting gear (perpindahan gigi) dari gear 1 ke gear 2, maka kopling kedua akan langsung menghubungkan tenaga lewat gear 2 ke countershaft. Namun menjadi lebih cepat karena sebelumnya gear 2 sudah ikut berputar dan hal seperti itu akan terjadi selanjutnya, saat di posisi gear 2, gear 3 sudah siap untuk berputar.

DCT

DCT4

Naaah, bagaimana dengan saat mengurangi gear..???

hmmmm, Sedangkan saat mengurangi gear pun kebalikannya, gear yang berikutnya akan bersiap maka shifting gear menjadi lebih cepat. Rotasi (putaran) mesin pun tak terlalu menurun sehingga shifting gear-pun menjadi lebih lembut dan juga lebih responsif. Dengan perpindahan gigi yang lebih cepat, maka tenaga mesin tak akan terbuang sia-sia dan juga tak terlalu boros bahan bakar.

anda tahu motor yang sudah mengaplikasikan teknologi Dual Clutch Transmission ini..??

anda tahu pabrikan sayap tunggal mengepak..?? yuuppss, semuanya sudah tahu.. Insinyur Honda sudah mengaplikasikan sistem kopling ini ke salah satu varian big bike-nya, yaitu Honda VFR 1200F, motor ber-genre Sport turing berkubikasi 1200 cc..

DCT7DCT8DCT9DCT5DCT1

udah pake mono-arm braaayyy..!!! jozzzz….

hmmmm. sekian deh pembahasannya..

semoga bermanfaat…semoga kepengen (motor itu… #sambil nunjuk gambar motor diatas, ngoahahahahaha)

pict bonus…

20141019_145133[1]

Iklan

Komentar»

1. Yoshi - 11 November 2014

menyimak mbah

Suka

yusufblog23 - 11 November 2014

ane nyubi lek..

Suka

Nivikolor - 13 November 2014

Sial Hondud Lagi VFR…tak kirain YAMAHA BLUECORE….

Suka

2. ARRAYMOTORSBLOG - 11 November 2014

nyimak ae gan, 😀

Suka

yusufblog23 - 11 November 2014

monggo mas…

Suka

3. Kobayogas - 11 November 2014

Wow ada mbahnya CBR Syempaq wkwkwkk

Disukai oleh 1 orang

yusufblog23 - 12 November 2014

wasyyeeeemmmb…..

Suka

4. st3v4nt - 12 November 2014

Bukan cuma VFR boss di Honda NC700 juga sudah diaplikasi…brand lain pun punya yang mirip2…

Suka

yusufblog23 - 12 November 2014

Kan salah satunya massbro.. 😀

Suka

5. adityaprad - 12 November 2014

Nyimak suhu

Suka

yusufblog23 - 12 November 2014

Minyak gan…

Suka

6. rifz - 13 November 2014

bebek kopling nya juga dual lho
1 buat ganti gear
1 lg buat stasioner

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: