Iklan
jump to navigation

Komparasi Motor Eksotis.. Honda NR750 NR40 RC40 vs Yamaha FZ750 Genesis ( kubikasi sama, beda teknologi ) 20 Agustus 2014

Posted by Traktor DOHC in Sensasi.
trackback

NR9FZ1

TraktorDohc.com – Assalamu’alaikum… Selamat siang bro-sist..setelah kemaren membahas salah satu motor eksotis dari Honda, kini xpd akan mengulas perbandingan dua motor eksotis dijamannya yang punya teknologi unggulan di kedua motor tersebut..

apakah keduanya pantas dibandingkan??  xpd kira pantas karena melihat kubikasinya sama, yaitu 750cc..

first, kita bahas karya dari Honda yaitu NR750 NR40 RC40..

NR6NR13NR5

 

 

Dari sisi mesin, honda menyematkan teknologi fuel injection, dohc 32 katup ( 8 katup per silinder ), konfigurasi mesin v4 liquid cooled..mampu menghasilkan power 125 hp dan batasan limiter 15.000 ( prototype 140 hp bisa dimaksimalkan sampai 160 hp ). double disk untuk sektor pengereman, untuk peredam kejut bagian depan sudah memakai upside down dan sektor belakang sudah memakai mono arm..joosss .!! untuk panel indikator sudah ada digitalnya ..!!  mangtaabbss ..!!

NR4 NR1NR8

kedua, pabrikan garputala menelurkan Yamaha FZ750 Genesis ( 5 valve per cylinder )..

FZ4

FZ750 menggunakan mesin empat silinder segaris dan menganut sistem pendingin liquid-cooled. Kepala silinder kompleks dibangun dalam dua bagian, dengan camshaft chain-driven overhead dual operasi 20 katup, 3 inlet dan exhaust 2 per silinder ( 5 katup per silinder ). mampu menyemburkan power 110 hp. masih memakai karburator.  Bagian belakang shock absorber ditempatkan secara vertikal di belakang mesin dan terhubung ke sebuah diekstrusi aluminium paduan lengan ayun melalui beberapa ditempa lengan aluminium rocker. The 16-inch (410 mm) roda depan diadakan antara musim semi dan oil damped garpu . Kemudian model dari FZ750 menggunakan 17-inch-diameter (430 mm) roda depan. FZ750s awal menggunakan twin berventilasi rem cakram untuk roda depan dengan ventilated disc tunggal di belakang. Kemudian versi yang digunakan disk unventilated, dengan empat kaliper piston di bagian depan.

4.1.1FZ3

FZ%

kita bandingkan dari segi mesin, Honda NR750 menghasilkan 125 hp ( standar, prototype 140 sampai 160 ), sedangkan FZ750 menghasilkan power 110.. Selisih 15 hp lumayan gede looh ( jelas lah 32 klep vs 20 klep ). untuk sektor ini NR750 menang telak..

Sektor pengereman sudah sama-sama menganut dual disk break untuk depan dan satu disk dibelakang. Sementara sektor peredam kejut NR750 sudah memakai USD ( Upside Down ) dan mono arm untuk peredam kejut sektor belakang. Untuk FZ750 menggunakan perdam kejut teleskopik untuk depan dan monocross untuk sektor belakang. untuk bagian peredam kejut, NR750 menang lagi..

sektor panel indikator NR750 sudah ada yang digital, sementara FZ750 masih analog, lagi-lagi disini NR750 unggul dari FZ750.

sektor pengabutan, Honda menyematkan sistem Fuel Injection di NR750, dan Yamaha masih menggunakan karburator di FZ750.. honda selangkah didepan gan..

sektor design fairing dan body, sangat terlihat fairingnya lebih aerodinamis NR750 dan FZ750 fasih terkesan jadul. Untuk bagian body belakang masih sama-sama jadul..sedikit unggul NR750.

untuk sektor topspeed, Honda NR750 mampu mancapai kecepatan 255 km/h dan yamaha FZ750 140 Mph ( 225 Km/h )

soo, menurut saya kubikasi sama, dan sama-sama dohc tak menjamin power sama.. Beda penyematan teknologi memanglah sangat berpengaruh dalam sebuah motor.. dilihat dari kedua motor tersebut, Honda sangatlah digdaya atas Yamaha. bukan berarti saya memihak satu pabrikan ya, ini hanya pendapat saya. yaa walaupun motor saya bermerk Honda, itupun karna disuruh pilih sama orang tua ( imej honda itu motor soalnya dimata orang dulu ).

hmmmm, sekian yaah, mau nyari bahan buat bikin artikel lagi inih..

maaf kalo ada yang salah dalam penulisan maupun yang lainnya..

hahaha, kaya cbr 150 r vs yzf-r15

yzf-r15

yzf-r15

r15 v2 Indonesia

r15 v2 Indonesia

cbr 150 Indonesia

cbr 150 Indonesia

yzf-r15 vs cbr150r

yzf-r15 vs cbr150r

sekian gaan, semoga bermanfaat dan selamat menjalankan aktifitas kembali..

salam dohc 32 valve gaaaaaaann ..!!!!

wassalaamu’alaikum

Baca juga yang berikut ini guys…




Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Blog Ikan Hias: Ferboes.com & Goldfish-union.com
Blog Modifikasi: SAiiSOKU.com
Blog Sensasi: Sensasiku Blog
Blog Otomotif: TraktorDOHC.com

Iklan

Komentar»

1. Plat-R - 20 Agustus 2014

lg rajin nulis yak???

Suka

xplatfromdohc - 20 Agustus 2014

mumpung ana ide bos.. :v xixixi
bos e lha sibuk terus..wkwkwk

Suka

2. orong-orong - 20 Agustus 2014

mesinnya mengagumkan

Suka

xplatfromdohc - 20 Agustus 2014

jooss lik..

Suka

3. setia1heri - 20 Agustus 2014

absen akang

Suka

xplatfromdohc - 20 Agustus 2014

siap lik.. :v

Suka

4. RPMspeed - 20 Agustus 2014

gede amat tuh motornya 😀

—————————–
Apa Itu Porting Polish
http://rpmsuper.com/2014/08/20/arti-porting-polish/

Suka

xplatfromdohc - 20 Agustus 2014

Porting polish, ngupas/ngalusin kulit jeruk :v , josss

Suka

5. Ferboes Richardson - 20 Agustus 2014

bro, coba di cek n ricek, motormu 1 silinder apa 2 silinder…
Honda cb150r itu dua silinder bro 😀
http://ferboes.com/2014/08/20/honda-cb150r-itu-dua-silinder-karena-mesinnya-dohc/

Suka

xplatfromdohc - 20 Agustus 2014

Nggur siji tok lik lah, pembunuhan karakter yakin..wkwk

Suka

Ferboes Richardson - 20 Agustus 2014

Aku malah 😯 tahu kalo dohc itu 2 silinder

Suka

xplatfromdohc - 20 Agustus 2014

Wkwkwk, mungkin profesornya mau jadi artis dadakan..wkwk

Suka

6. gaplek mania - 20 Agustus 2014

sebenernya keduanya tidak layak dicompare.. fz produk massal sedangkan nr itu limited
pembanding yg setara mungkin RVF/VFR750 ..tapi bolehlah idenya.

Suka

xplatfromdohc - 20 Agustus 2014

Dari segi teknologi unik yang diterapkan gan, sama2 menggunakan jumlah klep yg ga umum gan untuk motor gan..

Suka

7. adityaprad - 20 Agustus 2014
xplatfromdohc - 20 Agustus 2014

Tau lah honda teknologinya

Suka

tukang baca - 30 Desember 2014

Untuk penyeimbang..

NR750 meskipun merupakan tonggak pencapaian teknologi honda pada tahun 80-90 an, juga merupakan kegagalannya..

pabrik lain juga bisa, tapi alasan ekonomis jadi alasan pabrik lain tidak menyainginya.. lagian pengembangan NR750 ke NR 500 (8 valve per cylinder tapi sasis yang lebih ringan) untuk GP malah gagal.. tidak pernah samper 10 ten finish.. meski sudah dibawa oleh Freddie Spencer. karena spare part yang sulit dan configurasi mesin yang berat dan bermasalah di handling.. kalo untuk masalah ini (ada di wikipedia) Yamaha R1 yang jadi Pioneer.. memperpendek jarak piston to crank to gear box.. ditambah keunggulan yamaha dalam metalurgi, menciptakan logam kuat dan ringan, jadi handling lebih baik.. ini yang konfigurasi dipake sama semua motor balap dan pada motoGP sekarang.

NR750 sebenarnya dibuat untuk lomba endurance..karena sukses dengan lomba tersebut, honda membuat 300 buah street versionnya. dengan harga yang mahal, At $50k, the NR was the most expensive production motorcycle at the time. tapi wartawan melecehkan NR yang 300 tsb sebagai “Not Ready” karena banyak masalah pada pistonnya yang berbentuk oval…dan honda belum siap dengan costumer supportnya.

karena masalah performa pada high RPM dengan pernapasan yang tinggi,.. dan masalah pada piston oval, membuat partnya cepat aus.. ada pemilik NSR750 yang sudah cape beli spare partnya.. karena mahal dan susah.

jadi honda bukan dewa… dia juga punya kekurangan… kalo mau pamer pencapaian teknologi. yamaha, suzuki, kawasaki, ducati, mv agusta, juga punya paten untuk penemuan tertentu yang membuat honda kesulitan berinovasi karena pabrik lain sudah duluan mempatenkannya… baca lagi sob..

Suka

yusufblog23 - 30 Desember 2014

Makasih suhu buat tambahannya..siaap..
Tak mendewakan koq..yaa cuma kagum..tapi produk gagal siih

Suka

8. enoanderson - 24 Agustus 2014

Coba dicompare sama VFR750R / RVF750R deh masbro, V4-Gear Driven, Magnesium & Titanium vs I-4, Genesis & EXUP

Suka

xplatfromdohc - 24 Agustus 2014

motor yang mana mas? yg NR apa FZ? 🙂

Suka

enoanderson - 24 Agustus 2014

Yang FZ broo, NR mah terlalu eksotis euy, Material nya kelas dewa semua

Suka

xplatfromdohc - 24 Agustus 2014

FZ sama VFR750?

Suka

9. martin - 26 Desember 2014

makanya HONDA NO. 1 di dunia…cuma FBY koplak yg ngk ngerti kalau HONDA No 1 penjualan di dunia…

Suka

yusufblog23 - 26 Desember 2014

Naaahh…makany pilih honda..hehehe

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: