Tips dongkrak performa Honda CB 150 R 19 Agustus 2014
Posted by Traktor DOHC in Sensasi.trackback
assalaamu’alaykum..
pagi bro-sist sekalian..
kali ini xpd bahas upgrade power and torque honda cb 150 R karya Honda Indonesia yang klaim power-nya 17 hp. tapi…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
ternyata hanya 14,42 hp/10.671 rpm dan torsi-nya torsi puncaknya yang semula 11,53 Nm/7.686 rpm,
koq kemaren2 bahasnya motor ini sih dan pict-nya juga motor ituuu terus, tanya kenapa? yyaaaaaaaa, maklum masbroo, ane termasuk owner motor karya AHM. ( rada jadi FBH atau FBH tulen? boleh dua-duanya..wkwkwk :v )
tuuh, nampak kan semuanya bikinan honda.. :v
lansung aja masbroo ke subtansi-nya..
pertama, rasio kompresinya kita naikin sedikit dari 10 : 1 (standar) jadi 10,7 : 1, buat dongkrak torsi di putaran bawah dan power di atas, karena spek pabrikan rasio kompresinya hanya 11 : 1.karena diukur pakai burret cuma 10 : 1,peningkatan rasio kompresi dilakukan tanpa papas head, ambilnya dari piston. tetapi tetap pakai piston standar, namun atasnya tambah daging untuk bikin dome (kubah).
Kelar urusan kompresi, kem bawaan motor dicustom alias profilnya dibentuk ulang guna mengkail asupan gas yang lebih deras dan mengatur penyaluran gas hasil pembakaran dengan timing yang tepat. Kem in di set membuka di 30º sebelum TMA dan menutup di 58º sesudah TMB (durasi jadi 268º). Lift-nya 8,2 mm dengan LSA 105º.
Sementara kem ex dengan LSA dan tinggi angkatan klep yang sama (105º dan 8,2 mm) dibikin membuka di 57º sebelum TMB dan menutup di 32º setelah TMA. Nah, untuk membuka kran injector standar agar lebih deras semprot bensin sesuai permintaan, ECU standar diganti pakai afrermarket (sesuai keinginan dan bejet tentunya) yang tentunya dimapping ulang sampai didapat average air fuel ratio (AFR) sekitar 13 : 1.
Filter udara tak dipakai lagi buat memancing asupan udara sebanyak-banyaknya. Tapi agar aliran udara bisa lebih terfokus masuk ke dalam throttle body (TB) yang masih pakai standarnya, dipasang velocity stack di moncong TB. Lalu untuk memperlancar aliran gas buang, muffler diganti pakai jenis free flow. :v (sesuai selera, semakin jooss semakin baik).
Dan power Honda CB150R anda terdongkrak sebanyak 6,25 hp. Yang standarnya cuma 14,42 hp/10.671 rpm, kini naik jadi 20,67 hp/11.466 rpm. Sementara, torsi puncaknya yang semula 11,53 Nm/7.686 rpm, terkerek jadi 13,14 Nm/9.076 rpm naik 1,61 Nm.
sekian gaaan, selamat mencoba…
semoga bermanfaat..
wassalaamu’alakum…
salam dohc ..!!!!
high rpm…………………………
referensi : Otomotif
.
Kalo cuma ganti filter stainless sama knalpot RX8 gimana kang?
pake open filter rawan sih.
SukaSuka
kalo boleh usul pake wrx, jangan open filter..pake filter fu aja, harganya 45rb dgn sedikit ubahan.. afr di sett ulang ( istilahnya jetting karbu untuk injeksi). port n polish..udah naik powernya gan..
SukaSuka
Ane udah ganti pake filter stainless ferrox gan, niatnya sih biar gak repot inden air filter di AHASS (kampret, filter aja inden -_-), tarikan naik dikit sih, lumayan lah.
Ane ganti knalpot jugak karena knalpot ane penyok, sekalian ganti yang freeflow tapi gak usah yang bising banget lah (dihajar orang sekampung nanti), emang kenapa RX8 gan? bukannya satu direksi yah tuh 2 merk?.
Setting afr gimana caranya gan?
gak usah lah ane kalo porting polish. hehe…
SukaSuka
Siip gan.. blm tau banyak..r9 juga joss..buka artikel saya aja gan..ada koq..intinya afr itu jetting karbu versi injeksi..agan dari mna?
SukaSuka
Si cibi-nya sama ya gan?
SukaSuka
Woh..merah putih.. :v
SukaSuka
Wah keren nih cibi…nyimak gan 😀
SukaSuka
Iki sopo yo..koyo ruh.. :v
SukaSuka
patut dicoba iniii
SukaSuka
Monggo masbroo
SukaSuka
apa dealer honda mau melayani permintaan seperti ini?
SukaSuka
[…] Tips untuk mendongkrak performa Honda CB150R […]
SukaSuka
[…] Tips untuk mendongkrak performa Honda CB150R […]
SukaSuka
[…] Tips untuk mendongkrak performa honda CB150R […]
SukaSuka
[…] Tips untuk mendongkrak performa honda CB150R […]
SukaSuka
[…] Tips untuk mendongkrak performa honda CB150R […]
SukaSuka