Iklan
jump to navigation

Tips dongkrak performa Honda CB 150 R 19 Agustus 2014

Posted by Traktor DOHC in Sensasi.
trackback

 

xpd2

assalaamu’alaykum..

pagi bro-sist sekalian..

kali ini xpd bahas upgrade power and torque honda cb 150 R karya Honda Indonesia yang klaim power-nya 17 hp. tapi…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

ternyata hanya 14,42 hp/10.671 rpm dan torsi-nya torsi puncaknya yang semula 11,53 Nm/7.686 rpm, 

koq kemaren2 bahasnya motor ini sih dan pict-nya juga motor ituuu terus, tanya kenapa? yyaaaaaaaa, maklum masbroo, ane termasuk owner motor karya AHM. ( rada jadi FBH atau FBH tulen? boleh dua-duanya..wkwkwk :v )

 

sak liyane warna abang, iki putih dewek..

sak liyane warna abang, iki putih dewek..

tuuh, nampak kan semuanya bikinan honda.. :v

lansung aja masbroo ke subtansi-nya..

pertama, rasio kompresinya kita naikin sedikit dari 10 : 1 (standar) jadi 10,7 : 1, buat dongkrak torsi di putaran bawah dan power di atas, karena spek pabrikan rasio kompresinya hanya 11 : 1.karena diukur pakai burret cuma 10 : 1,peningkatan rasio kompresi dilakukan tanpa papas head, ambilnya dari piston. tetapi tetap pakai piston standar, namun atasnya tambah daging untuk bikin dome (kubah).

 

Kelar urusan kompresi, kem bawaan motor dicustom alias profilnya dibentuk ulang guna mengkail asupan gas yang lebih deras dan mengatur penyaluran gas hasil pembakaran dengan timing yang tepat. Kem in di set membuka di 30º sebelum TMA dan menutup di 58º sesudah TMB (durasi jadi 268º). Lift-nya 8,2 mm dengan LSA 105º.

ilustrasi

ilustrasi

 

Sementara kem ex dengan LSA dan tinggi angkatan klep yang sama (105º dan 8,2 mm) dibikin membuka di 57º sebelum TMB dan menutup di 32º setelah TMA. Nah, untuk membuka kran injector standar agar lebih deras semprot bensin sesuai permintaan, ECU standar diganti pakai afrermarket (sesuai keinginan dan bejet tentunya) yang tentunya dimapping ulang sampai didapat average air fuel ratio (AFR) sekitar 13 : 1.

ilustrasi

ilustrasi

 

Filter udara tak dipakai lagi buat memancing asupan udara sebanyak-banyaknya. Tapi agar aliran udara bisa lebih terfokus masuk ke dalam throttle body (TB) yang masih pakai standarnya, dipasang velocity stack di moncong TB. Lalu untuk memperlancar aliran gas buang, muffler diganti pakai jenis free flow. :v (sesuai selera, semakin jooss semakin baik).
throttle body

throttle body

ilustrasi

ilustrasi

Dan power Honda CB150R anda terdongkrak sebanyak 6,25 hp. Yang standarnya cuma 14,42 hp/10.671 rpm, kini naik jadi 20,67 hp/11.466 rpm. Sementara, torsi puncaknya yang semula 11,53 Nm/7.686 rpm, terkerek jadi 13,14 Nm/9.076 rpm naik 1,61 Nm.

 

sekian gaaan, selamat mencoba…

semoga bermanfaat..

wassalaamu’alakum…

salam dohc ..!!!!

 

kapan kamu ber-evolusi jadi inline, satu aja belum kelar.. eehh

kapan kamu ber-evolusi jadi inline, satu aja belum kelar.. eehh

high rpm…………………………

referensi : Otomotif

 

 

Iklan

Komentar»

1. buttseck - 19 Agustus 2014

.
Kalo cuma ganti filter stainless sama knalpot RX8 gimana kang?
pake open filter rawan sih.

Suka

xplatfromdohc - 19 Agustus 2014

kalo boleh usul pake wrx, jangan open filter..pake filter fu aja, harganya 45rb dgn sedikit ubahan.. afr di sett ulang ( istilahnya jetting karbu untuk injeksi). port n polish..udah naik powernya gan..

Suka

buttseck - 19 Agustus 2014

Ane udah ganti pake filter stainless ferrox gan, niatnya sih biar gak repot inden air filter di AHASS (kampret, filter aja inden -_-), tarikan naik dikit sih, lumayan lah.
Ane ganti knalpot jugak karena knalpot ane penyok, sekalian ganti yang freeflow tapi gak usah yang bising banget lah (dihajar orang sekampung nanti), emang kenapa RX8 gan? bukannya satu direksi yah tuh 2 merk?.
Setting afr gimana caranya gan?
gak usah lah ane kalo porting polish. hehe…

Suka

xplatfromdohc - 19 Agustus 2014

Siip gan.. blm tau banyak..r9 juga joss..buka artikel saya aja gan..ada koq..intinya afr itu jetting karbu versi injeksi..agan dari mna?

Suka

xplatfromdohc - 19 Agustus 2014

Si cibi-nya sama ya gan?

Suka

xplatfromdohc - 19 Agustus 2014

Woh..merah putih.. :v

Suka

2. ekomoker - 20 Agustus 2014

Wah keren nih cibi…nyimak gan 😀

Suka

xplatfromdohc - 20 Agustus 2014

Iki sopo yo..koyo ruh.. :v

Suka

3. CuPcAkE - 29 Oktober 2014

patut dicoba iniii

Suka

yusufgates - 29 Oktober 2014

Monggo masbroo

Suka

4. adi CBSF-Rider - 28 Desember 2014

apa dealer honda mau melayani permintaan seperti ini?

Suka

5. Gara-gara Stiker Kaskus, Kena Tilang Polisi 150ribu. Masuk Akal kah…??? | TraktorDOHC.com - 12 Januari 2016

[…] Tips untuk mendongkrak performa Honda CB150R […]

Suka

6. Ini Dia Penampakan Gamblang Honda New CB190R dan CBF190R! Meluluhkan Iman Banget Bro! | TraktorDOHC.com - 12 Januari 2016

[…] Tips untuk mendongkrak performa Honda CB150R […]

Suka

7. Perbedaan Honda CBR250R Dengan CBR150R Dual Keen Eyes | TraktorDOHC.com - 12 Januari 2016

[…] Tips untuk mendongkrak performa honda CB150R […]

Suka

8. Renderan Honda CBR250RR Berwarna “Special” Ini Sungguh Menggoda,Keren Poll!! | TraktorDOHC.com - 12 Januari 2016

[…] Tips untuk mendongkrak performa honda CB150R […]

Suka

9. 6 Bulan Pemakaian, Radiator New V-ixion Bocor.. | TraktorDOHC.com - 12 Januari 2016

[…] Tips untuk mendongkrak performa honda CB150R […]

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: