Iklan
jump to navigation

Mixture Ratio.. podo wae AFR, lanjutan 19 Agustus 2014

Posted by Traktor DOHC in Sensasi.
trackback

mesin

Assalaamu’alaykum..

siang bro-sist sekalian..

nulis sebelum bobo siang..hehe :v . 

ntaah nulis apa inih, secoret-coretnya aja..ngantuk gaan…

monggoh di intip aja..

injector_plug-bosch

Mixture Ratio / Air Fuel Ratio (AFR)

Untuk bisa dibakar dengan baik, bensin dan udara harus dicampur dalam jumlah perbandingan atau komposisi tertentu, istilah kerennya Mixture Ratio atau Air Fuel Ratio (AFR). Komposisi udara+bensin yang ideal untuk pembakaran mesin menurut teori adalah 14,7gr udara untuk setiap 1gr bensin (14,7 : 1). Walau pada prakteknya, tidak mungkin selalu mendapatkan angka yg tetap karena kondisi internal mesin dan juga kondisi eksternal lingkungan yg dinamis alias dapat berubah-ubah yang berpengaruh pada suplai mixture karburator, sehingga rentang 12: 1 sampai dengan 15:1 sudah dikategorikan ideal. Komposisi ideal artinya komposisi bensin+udara yang memungkinkan bisa dibakar dimesin tanpa meninggalkan sisa bensin atau sisa udara yg tidak terbakar, dengan kata lain Terbakar tuntas. Dari sinilah kemudian timbul istilah populer yang sering kita dengar di pembahasan soal seting karbu; yaitu “setingan basah vs setingan kering” atau “campuran kaya vs campuran miskin”.

 Setingan basah (rich mixture) artinya komposisi udara lebih sedikit dari kondisi ideal, misalnya 10gr udara :1gr bensin (AFR 10:1). lebih ber-power dari bawaan pabrik..yaa, tentunya makin boros..

Setingan kering (lean mixture) artinya komposisi udara lebih banyak dari kondisi ideal, misalnya 17gr udara :1gr bensin. bikin bensin irit siih, tapi cepat panas..

Setingan kebasahan membuat terlalu banyak bensin dibanding udara yang masuk ke mesin, sehingga pada saat pembakaran meninggalkan sisa bensin yang belum terbakar. Setingan kekeringan ya sebaliknya, pada saat pembakaran meninggalkan sisa udara yang gagal dibakar didalam mesin. Oleh karena itu, usaha untuk mendapatkan komposisi campuran udara+bensin Ideal inilah sesungguhnya yg jadi tujuan utama dari “setting karburator’ atau disebut juga JETTING.

trus piye carane kalo campuran bensin sama udara wess ideal ?

Memang ada alat ukurnya yang disebut AFR Meter, tapi karena tak banyak orang punya alat ini, sebagian besar rider atau tuner sering mendiagnosa AFR dengan mengenali dan merasakan langsung gejalanya di mesin, juga dengan bantuan membaca kondisi penampakan busi. Oke pemirsa ?  :D

busiiii

Berikut gambaran praktis menilai warna elektroda busi :

busi

AFR 14,7 : 1

KERING (LEAN)
HEMAT BBM 

busi basah

AFR 13,5 : 1

SEDANG ( GOOD)
EKONOMIS

busiiu

AFR 12,5 : 1

BASAH/KAYA ( RICH)
PERFORMACE

contoh yamaha vixion ( R 15 Naked Version )

Karena menggunakan sistem injeksi, belum banyak yang dapat dilakukan untuk mensetting power mesin. Mengubah air fuel ratio (AFR) menjadi salah satu cara yang paling mudah. Tentu jadi pertanyaan, seberapa besar pengaruh mengubah AFR motor injeksi. Di motor injeksi sangat berpengaruh. Udara dan bahan bakar ditakar benar benar akurat.

Jadi jika ada perubahan terhadap campurannya pasti akan berpengaruh terhadap tenaganya. Melalui alat FI Diagnostic Tool, AFR dirubah untuk mencari perubahan terhadap Torsi dan Tenaga. Karena setiap penambahan satu angka maka yang terjadi adalah penambahan suplai bensin sebesar 0,05 cc lebih banyak dibanding sebelumnya. Sedangkan kalau angkanya dibuat minus atau di bawah 0, maka itu artinya miskin bahan bakar.

Pada FI Diagnostic Tool Vixion AFR dapat diubah dalam bentuk angka. Mulai nol naik +30 sampai -30 dan dari semua angka tersebut dicari mana yang terbaik. Campuran paling kaya belum tentu menghasilkan power mesin paling besar, semua ada batasannya, mengingat mesin masih standar.
Dari sedikit penjelasan diatas dapat kita ambil ilmunya dan jadi tips berikut

fii

tips ringan. lakukan service di dealer resmi plus ganti oli , Trus bilangin ke mekaniknya untuk Menaikan COnya menjadi +10 sampai +15.  Lakukan setingan CO ke +10 dulu,kalau masih kurang naikin lg ke +15. Trus kalau menggunakan knalpot Racing bisa di setting ke + 20,dijamin deh tarikan makin Nampol. tapi Campuran paling kaya belum tentu menghasilkan power mesin paling besar, semua ada batasannya, mengingat mesin masih standar..

sekiaann gaaann.. ngantuuukkk nniaaann.. !!!   hoooaaammm..

maaf klo banyak salah ketik, soalnya kepala anr sambil thekluk-thekluk ( manggut-manggut karna ngantuk )

i need sleep now.. !! lempar bantall…

semoga berguna..

wassalaamu’alaykum..

R14

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: