Iklan
jump to navigation

Air Fuel Ratio (pengertian dan macam-macamnya) 18 Agustus 2014

Posted by Traktor DOHC in Sensasi.
trackback
image

sebe satusseket..

Assalaamu’alaykum wr wb..
Selamat malam bro-sis..malem menjelang pagi lah ya..
Kali ini cuma pengen share aja tentang AFR, mungkin udah pada tahu semuanya..
Ya sekedar untuk mengingat kembali..

PengertianAFR

Proses Pencampuran Udara dan Bahan Bakar ( Bensin)
Bahan Bakar ( Bensin) yang hendak dimasukan kedalam ruang bakar haruslah dalam keadaan yang mudah terbakar, hal tersebut agar bisa didapatkan efisiensi tenaga motor yang maksimal. Campuran bahana bakar yang belum sempurna akan sulit dibakar oleh percikan bunga api dari busi. Bahan bakar tidak dapat terbakar tanpa adanya udara (O2), tentunya dalam keadaan yang homogen. Bahan bakar atau bensin yang dipakai dalam pembakaran sesuai dengan ketentuan atau aturan, sebab bahan bakar yang melimpah pada ruang bakar justru tidak meningkatkan tenaga dari motor tersebut namun akan merugikan motor sendiri. Semakin banyak bahan bakar yang tidak terbakar akan meningkatkan filamen pada dinding silinder ( tempat gesekan antara dinding silinder dengan ring piston). Perbandingan campuran udara dan bahan bakar sangat dipengaruhi oleh pemakaian bahan bakar. Perbandingan udara dan bahan bakar dinyatakan dalam bentuk volume atau berat dari bagian udara dan bensin. Bensin harus dapat terbakar seluruhnya agar menghasilkan tenaga yang besar dan meminimalkan tingkat emisi gas buang.
Air Fuel Ratio adalah faktor yang mempengaruhi kesempurnaan proses pembakaran didalam ruang bakar. Merupakan komposisi campuran bensin dan udara. Idelanya AFR bernilai 14,7 artinya campuran terdiri dari 1 bensin dan 14,7 udara biasa disebut Stoichiometry.

Berikut pengaruh komposisi AFR pada kinerja motor :

AFR terlalu kurus:
Tenaga mesin menjadi sangat lemah
Sering menimbulkan detonasi
mesin cepat panas
membuat kerusakan pada silinder ruang bakar

AFR kurus :
Tenaga mesin berkurang
Terkadang terjadi detonasi
Konsumsi bensin irit
AFR ideal :
Kondisi paling ideal
AFR kaya :
Bensin agak boros
Tidak terjadi detonasi
Mesin lebih bertenaga
AFR terlalu kaya :
Bensin sangat boros, asap kenalpot berwarna hitam, asap pedih dimata, menimbulkan filamen pada gesekan dinding silinder dengan ring piston, adanya penumpukan kerak diruang bakar.

Dengan demikian maka :

ER = (bahan bakar/udara) yg digunakan : (bahan bakar/udara) stoikiometris

ER (lamda) = 1, berarti reaksi stoikiometris tetap sama dengan harga AFR ideal
ER (lamda) 1, berarti pemakaian udara lebih dari keperluan reaksi stoikiometris

Demikian ulasan sedikit tentang AFR..
Cuma bisa share dikit2 masbroo..maklum masih belajar..

Sekiaan, wassalaamu’alaykum..
Semoga berguna..
Bonuss..

image

stiker W.D lek Aziz

Iklan

Komentar»

1. Mas Sayur - 18 Agustus 2014

ilmu baru,kie…Pakdhe malah baru tahu,Cup 🙂

Suka

xplatfromdohc - 18 Agustus 2014

Siip pakde.. 🙂 , semoga bermanfaat.. 🙂

Suka

xplatfromdohc - 18 Agustus 2014

siip pakde, selamat mencoba..hehe
(aku wee drung nyubo)..

Suka

2. orong-orong - 18 Agustus 2014
xplatfromdohc - 18 Agustus 2014

monggo lik :v

Suka

3. Maskur - 19 Agustus 2014

nyimak
awam aku

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: